Home » Tutorial » Cara Memperbesar RAM Android di Smartphone atau Tablet

Cara Memperbesar RAM Android di Smartphone atau Tablet

Cara Memperbesar RAM Android di Smartphone atau Tablet – OS Android dan ekosistemnya telah berevolusi dengan sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Dan sebagai hasilnya, perangkat yang lebih tua tidak kompatibel dengan layanan dan aplikasi yang lebih baru. Perangkat yang lebih tua gagal menangani aplikasi yang lebih berat, hanya karena mereka memiliki RAM lebih sedikit di perangkat mereka. Tapi apa itu RAM dan mengapa itu sangat penting? Mari kita pahami ini dulu.

Kenapa Kamu Butuh Lebih Banyak RAM?

butuh ram banyak
butuh ram banyak

Random Access Memory atau RAM adalah komponen vital dari setiap perangkat komputasi yang memungkinkan kamu secara bersamaan membuka dan mengakses beberapa aplikasi tanpa kesalahan dan kelambatan. Jadi, lebih banyak RAM, semakin baik kinerja perangkat kamu. Ada banyak perangkat Android di pasaran yang masih berjalan di versi lama Android, dan perangkat keras jadul yang tidak mampu menangani aplikasi dan layanan versi terbaru.

Satu-satunya cara untuk memenuhi masalah ini adalah jika kamu bisa meningkatkan RAM ponsel Android dengan swapper. Apakah itu mungkin? Oh ya! Hal ini cukup sederhana kalau kamu ingin meningkatkan RAM di smartphone Android, dan kamu dapat menikmati tingkat kinerja yang cukup mumpuni tanpa membongkar perangkat kamu. Dengan menggunakan aplikasi yang disebutkan di bawah ini, kamu dapat menggunakan kartu SD kamu untuk berfungsi layaknya RAM, dan secara signifikan meningkatkan kinerja perangkat Android kamu. Berikut ini adalah caranya :

Cara Memperbesar RAM Android dengan SD Card

Jika kamu ingin meningkatkan RAM di smartphone Android, kamu harus memastikan ponsel kamu memiliki daya baterai yang cukup agar berhasil menyelesaikan proses yang disebutkan di bawah ini. Selain daya tahan baterai, kamu juga akan membutuhkan RAM Expander ROEHSOFT (SWAP) untuk meningkatkan RAM dengan swapper. Aplikasi ini premium dan tersedia di Google Play Store dan kamu harus membelinya. Karena ini adalah aplikasi berbayar, jadi sebaiknya periksa dulu apakah aplikasi kompatibel dengan perangkat kamu atau tidak, sebelum mencoba cara memperbesar ram android berikut ini.

[googleplay url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de”/]

Untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi dengan perangkat Android kamu, kamu harus mendownload aplikasi pengecekan swapfile lain yang bernama MemoryInfo & Swapfile Check. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store, dan kamu dapat dengan mudah mendownload dan menginstal aplikasi. Setelah itu terinstal, buka dan mulai tes, lalu pilih kartu memori yang ingin kamu gunakan untuk meningkatkan RAM di smartphone Android. Jika tes mengatakan ‘Selamat’, maka kamu dapat menuju langkah lebih jauh ke Meningkatkan RAM Android dengan menggunakan kartu memori.

[googleplay url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.roehsoft.meminfo”/]

Langkah Untuk Meningkatkan RAM di Smartphone Android Menggunakan SD Card:

Kini kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk meningkatkan RAM ponsel Android dengan swapper.

Langkah 1 – Karena kamu sudah mengecek bahwa aplikasi RAM Expander (SWAP) ROEHSOFT kompatibel dengan perangkat kamu yang telah diroot, jadi sekarang kamu perlu membeli dan mendownload aplikasi dari Google Play Store secara resmi. kamu bisa membeli dan mendownloadnya dari link di bawah ini.

[googleplay url=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de”/]

Langkah 2 – Instal dan jalankan aplikasi, setelah kamu membeli dan mendownloadnya. Kemudian berikan izin root, dan kemudian pilih bahasa pilihan kamu.

Langkah 3 – Setelah itu, kamu akan melihat slider di layar, yang akan membiarkan kamu menyesuaikan jumlah memori yang ingin kamu dedikasikan ke partisi SWAP untuk meningkatkan RAM di smartphone Android. Jika kamu tidak ingin menyesuaikan opsi ini maka kamu dapat memilih tombol ‘Nilai Optimal’, dan aplikasi akan secara otomatis menentukan jumlah memori yang perlu didedikasikan untuk meningkatkan RAM Android secara efisien dengan menggunakan kartu memori .

Langkah 4 – Aktifkan opsi ‘ Autorun ‘ di bagian atas layar, jika belum. Setelah itu klik tombol ‘Swap Active’. Ini adalah hal terakhir yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan RAM di smartphone Android .

Jika kamu telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati dan telah melakukan langkah-langkah pengecekan aplikasi, kamu harus dapat meningkatkan RAM Android menggunakan kartu memori. Jika semuanya berjalan baik, maka kamu akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan. kamu dapat memeriksa ini dengan membuka beberapa game dan aplikasi berat di perangkat kamu untuk memastikan bahwa proses peningkatan RAM di smartphone Android berhasil.

Saya harap kamu menyukai artikel cara memperbesar ram android di smartphone atau tablet ini. Jika kamu masih menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan tentang cara memperbesar ram android, silakan hubungi kami dengan memberi komentar di bawah ini.

Leave a Comment