Home » Tutorial » Cara Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di HP Android

Cara Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di HP Android

Cara Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di HP Android – Android tidak diragukan lagi merupakan salah satu sistem operasi smartphone terbaik di dunia, dan alasan dibalik itu adalah sifatnya yang terbuka (open source). Jadilah ekosistem aplikasi besar, atau layanan unggulan Google yang disertakan dengan semua perangkat yang menjalankan OS Android. Tapi, tidak semuanya terlihat bagus. Ada beberapa pengaturan dan pilihan yang masih mengganggu sebagian besar pengguna.

Salah satu opsi tersebut adalah aplikasi ‘pembaruan otomatis’, yang memperbarui aplikasi yang diunduh tanpa izin pengguna dan menggunakan salah satu jaringan yang tersedia saat ini. Ini bisa sangat membuat frustrasi untuk menangani opsi aplikasi pembaruan otomatis, karena sudah terpasang secara default, dan kamu harus mencari cara untuk menghentikan aplikasi agar tidak diperbarui secara otomatis. Untuk mempermudah, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di perangkat Android .

Langkah Menonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di Perangkat Android

Layar Cara Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di HP Android
Layar Cara Nonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di HP Android

Langkah 1: Google telah membuatnya cukup mudah untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis, dan kamu dapat melakukannya dari Google Play Store itu sendiri. Jadi, pertama-tama kamu perlu masuk ke Play Store di perangkat Android kamu.

Langkah 2: Saat kamu berada di dalam Play Store, klik menu hamburger di pojok kiri atas, dan menu kecil akan meluncur dari sisi kiri layar. Di sana kamu akan menemukan pilihan ‘Settings’.

Langkah 3: Klik pada opsi ‘Settings’ dan menu pengaturan akan terbuka di mana kamu akan menemukan opsi untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis pada perangkat Android.

Langkah 4: Di sana kamu akan menemukan opsi yang mengatakan ‘pembaruan otomatis’. Klik di atasnya dan menu popup akan muncul dengan tiga pilihan, yaitu ‘Do not auto-update apps’, ‘Auto-update apps at anytime. Data charges may apply’, dan ‘Auto-update apps over Wi-Fi only. Di sinilah kamu dapat menghentikan pembaruan aplikasi otomatis.

Langkah 5: Jika kamu ingin benar-benar menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di perangkat Android, maka kamu harus memilih opsi pertama, yaitu ‘Jangan perbarui aplikasi secara otomatis’. Dan jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi tak terbatas, kamu mungkin juga memilih untuk Auto-update apps over Wi-Fi only. Ini akan secara otomatis memperbarui aplikasi hanya jika terhubung ke koneksi Wi-Fi dan bukan pada koneksi jaringan data yang kamu miliki, dan pastinya akan menghemat biaya paket data internet yang kamu gunakan.

Haruskah kamu menggunakan opsi ini?

sedih kuota habis
sedih kuota habis

Secara default, opsi aplikasi pembaruan otomatis ini ditetapkan di Play Store dan aplikasi yang kamu miliki akan diperbarui secara otomatis pada jaringan apa pun yang tersedia pada saat itu, baik Wi-Fi atau jaringan seluler kamu. Ini tentu tergantung pada pilihan pribadi, jika kamu ingin mematikan update aplikasi otomatis atau tidak. Jika kamu memiliki koneksi Wi-Fi di rumah atau kantor kamu, kamu mungkin mempertimbangkan untuk membiarkan pembaruan otomatis apl pada jaringan itu, ini tidak akan memerlukan biaya tambahan.

Tetapi jika kamu menggunakan jaringan mobile untuk terhubung ke internet, yang cukup mahal, maka kamu harus segera menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di atas untuk menonaktifkan update aplikasi otomatis pada perangkat Android. Jika tidak, aplikasi berat tersebut akan diperbarui secara otomatis menggunakan jaringan smartphone 2G / 3G / 4G dan akan dikenakan biaya quota data yang kamu miliki! Meskipun, cara ini mungkin yang sedang kamu cari untuk mengatasi masalah pembaharuan otomatis pada aplikasi Android, tapi sebenarnya pembaruhan otomatis juga memiliki kelebihan yaitu kita tidak perlu mengingat atau diperingatkan untuk memperbaharui aplikasi secara manual.

Leave a Comment