Home » PC » Jenis RAM Pada Laptop dan PC yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis RAM Pada Laptop dan PC yang Perlu Kamu Ketahui

Pada kesempatan kali ini, ulastekno.com akan membahas Jenis RAM Pada Laptop dan PC yang penting untuk kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli RAM baru untuk mengupgrade laptop atau pc yang kamu miliki. Apabila kamu ada pertanyaan, jangan sungkan untuk memberi komentar pada kolom komentar di bawah, admin akan dengan senang hati membantu.

Random Access Memory  atau biasa disingkat RAM adalah perangkat keras atau hardware yang ada pada laptop maupun pc. RAM ini berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara pada saat sistem dijalankan. Jika komputer dimatikan, maka data data sebelumnya yang disimpan pada RAM, akan hilang. RAM pada komputer maupun laptop berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosessor dalam menjalankan perintah pada komputer saat sedang menggunakan sebuah aplikasi pada komputer.

Saat pengguna membuka sebuah aplikasi di komputer atau laptop, RAM secara otomatis akan menyediakan tempat agar aplikasi yang digunakan bisa diakses dengan baik. RAM adalah hardware yang  sangat berguna atau sangat dibutuhkan sbagai hardware yang sangat penting. Denga tidak adanya RAM sebuah komputer maupun laptop tidak dapat digunakan utuk kegiatan komputerisasi. RAM juga dapat memberikan pengaruh pada tampilan laptop maupun pc, saat anda mencoba mencabut RAM pada laptop atau komputer anda, lalu anda hidupkan komputer dengan tidak ada RAM, maka akan didapatkan komputer menyala, tetapi komputer tidak dapat menampilkan gambar pada layar.

Untuk Jenis RAM Pada Laptop dan PC terdapat berbagai macam seperti NV-RAM, SRAM, EDO RAM, DRAM, DDR SDRAM, DIMM. NV RAM merupakan memori pada perangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan sistem BIOS atau Basic Input Output System. NV RAM juga digunakan untuk sumber daya agar data yang disimpan pada komputer tidak hilang. Dengan demikian pada setiap komputer maupun laptop dtemukan sebuah baterai Lithium kecil yang memiliki kegunaan sebagai sumber daya NV-RAM pada komputer anda.

Selanjutnya, SRAM merupakan salah satu jenis RAM dengan dibuat dengan  semacam bahan semikonduktor yang tidak menggunakan kapasitor dan tidak perlu refresh secara berkala. SRAM memiliki kepanjangan yaitu Static Random Access Memory. pada penggunaannya ternyata SRAM ini memiliki kekurangan, yaitu harga produksi yangg terlalu mahal. Dengan demikian SRAM ini hanya terdapat pada kapasitas yang kecil dan akan mengatur pada bagian yang sangat penting saja pada komputer.

Selanjutnya, EDO RAM yang merupakan RAM generasi pertama yang menjadi pengganti FP RAM pada CPU di komputer. EDO RAM memiliki kepanjangan Extended Data Out Random Access Memory.  Jenis RAM ini menurut kapsitas dan performanya masih terbilang sangat kecil. Hal ini dikarenakan memori jenis ini sudah merupakan memori lama dan  pada saat ini sudah tidak dibuat lagi. Untuk penggunaannya, Memori jenis ini terakhir digunakan pada saat komputer prosessor x86 dengan Pentium I dan II.

Selanjutnya untuk DRAM merupakan memori pada komputer dengan bahan semikonduktor yang di lengkapi oleh kapasitor sebagai tumpuan pada saat proses penyegaran data yang ada padadalam komputer. DRAM ini memiliki kepanjangan yaitu Dynamic Random Access Memory. Memori jenis ini memiliki performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan EDO-RAM, tetapi  kemampuannya lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis SRAM. Memori jenis DRAM memiliki ciri yaitu hanya membutuhkan sebuah transistor dan kapasitor per bit, dengan demikian RAM jenis ini  memiliki kepadatan yang sangat tinggi.

Selanjutnya untuk RAM jenis DDR SDRAM merupakan pengembangan dari RAM jenis DRAM yang menggunakan sistem transfer data sinkron namun pada jenis ini sudah mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat. DDR SDRAM mempunyai kepanjangan yaitu Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory. Pada biasanya memori jenis biasa disebut DDR, pada saat ini, memori jenis ini memiliki 4 versi, yaitu DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Uuntuk perkembangan nya kedepan tidak menutup kemungkinan terdapat DDR dengan versi selanjutnya.

cpu-z ulastekno.com
cpu-z ulastekno.com

RAM pada laptop disebut SO-DIMM, memiliki ukuran sekitar setengah dari ukuran RAM pada PC. Karena ukurannya yang kecil tersebut, maka RAM tipe SO-DIMM biasanya digunakan pada laptop dan mini-atx PC. Kalau kamu ingin mengupgrade laptopmu, pastikan kamu sudah mengecek jenis RAM apa yang digunakan di laptopmu. Kamu bisa menggunakan software semacam CPU-Z untuk melihatnya, perhatikan pada kecepatan RAM (SPD), cek baris kolom dengan nama “Max Bandwidth” di software CPU-Z. Pastikan juga besar voltase yang dibutuhkan oleh laptop kamu. Ulastekno rekomendasikan RAM dengan voltase di bawah 1.5V untuk laptop. Jangan lupa juga untuk mengecek manual book atau googling terlebih dahulu perihal tipe RAM yang cocok untuk laptop atau PC kamu.

Leave a Comment