Tips Mengoptimalkan Komputer Lama Untuk Kegiatan Bisnis

Tips Mengoptimalkan Komputer Lama Untuk Kegiatan Bisnis Anda – Komputer yang sudah usang sebenarnya bisa anda manfaatkan kembali dengan cara mengoptimalkan kinerjanya. Terlebih jika anda menggunakannya untuk berbisnis tentunya agar budget lebih hemat anda tidak perlu membeli lagi unit komputer baru. Anda bisa mengupgrade dengan mengoptimalkan beberapa komponen tertentu dalam komputer anda. keunggulannya tentunya pada alokasi dana yang anda keluarkan yang lebih hemat, terlebih jika unit PC yang anda miliki sebelumnya dalam jumlah banyak.

Selain itu dengan optimalisasi komputer lama ini anda bisa mengurangi sampah elektronik yang ada saat ini. mengoptimalkan komputer lama ini memang lebih cenderung mengganti beberapa jenis komponen hardware ke versi terbaru. Jika hardware sudah diupgrade maka komputer anda bisa kompatibel menjalankan versi OS terbaru. Apa saja hal penting yang perlu dilakukan dalam mengoptimalkan komputer lama untuk bisnis anda, berikut ini beberapa tipsnya yang bisa anda lakukan.

Mengoptimalkan Komputer Lama Untuk Kegiatan Bisnis

  1. Upgrade Memory (RAM)

Memory fisik ini berfungsi menampung program atau aplikasi yang sedang dijalankan. Agar komputer mampu melakukan fungsi multitasking maka memerlukan kapasitas memori yang lebih besar. minimal 2 Gb sudah cukup memperlancar kinerja pekerjaan anda. mengupgrade memory pertama-tama mesti disesuaikan dengan memory yang tertanam pada PC. Misalnya saja jika menggunakan DDR3 pastikan ada slot kosong di motherboard untuk menambahkan memory baru.

  1. Tambahkan SSD

SSD adalah jenis penyimpanan data pengganti harddisk. Ia memiliki ketangguhan fisik yang lebih baik dan mampu meningkatkan kecepatan baca dan tulis data 5 kali lipat lebih cepat. agar lebih hemat biaya, pilih kapasitas yang tidak terlalu besar. SSD minimal 128 Gb untuk OS dan harddisk lama masih sesuai untuk anda gunakan.

  1. Install Ulang Operating System

Jika komputer anda masih menggunakan Windows XP maka segera copot OS lama tersebut dan intall ulang dengan versi terbaru. Hal ini dikarenakan Microsoft sudah menghentikan support terhadap jenis OD ini dan menawarkan jenis OS yang lebih baik. anda bisa memilih Windows XP, Windows 7,8 atau 8.1. Jika anda telah menambahkan RAM dan SSD maka tingkatkan peforma komputer anda dengan menginstall Windows 8 keatas.

  1. Kebutuhan Graphic Designer

Jika mengalokasikan komputer lama untuk desain grafis maka sebaiknya yang perlu diupgrade adalah VGA Card nya. Upgrade VGA lama dengan yang baik. GPU atau VGA ini tidak mesti yang paling mahal harganya sebab CPU belum tentu bisa menjalankan jenis GPU ini. jika hanya berfungsi sebagai PC untuk desain grafis maka GPU 512MB dengan arsitektur 128 Bit sudah cukup baik untuk anda pilih.

  1. Perhatikan beberapa bagian yang tidak harus diganti

Mengupdgrade komputer lama bukan berarti semua mesti diganti. Ada beberapa komponen yang tidak mesti digantu sama sekali. Misalnya saja jika processornya sudah memiliki kecepatan 1 Ghz itu sudah cukup untuk menjalankan OS Windows 7 atau 8. Selain itu kecepatan processor ini juga sudah mampu bekerja sebagai PC untuk desain grafis. Jika memaksa mengganti processor maka anda mesti mengganti motherboard PC sekaligus.

Demikian beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan komputer lama sehingga tetap hemat biaya. semoga bermanfaat.

Leave a Comment